Fungsi Water Pump untuk mensirkulasikan air pendingin atau coolant mesin atau mensirkulasikan air radiator.
Cara kerja water pump adalah dengan berputar mengikuti putaran mesin yang disambungkan oleh sebuah belt ke alternator dari puli crankshaft atau poros mesin.
Foto mesin si Trinil, Charade G10 tahun 1982
Waterpump digerakkan oleh belt, yang dirangkaikan ke alternator dan ngikut ke puly crankshaft atau poros putaran mesin.
Foto mesin si Trinil, Charade G10 tahun 1982
Waterpump merek GMB - Japan
Suara kasar.
Beberapa masalah yang terjadi pada water pump adalah terdengar bunyi kasar pada mesin yang berasal dari kerusakan bearing / lahar water pump.
Untuk memastikan bunyi tersebut dari water pump, adalah dengan cara melepas belt yang ada di puli water pump .
kemudian periksa putaran puli water pump tersebut dengan tangan.
Jika pada puli water pump terasa oblak, bisa dipastikan bunyi kasar mesin berasal dari water pump.
Cara lain jika pada puli water pump tidak terasa oblak atau kocak, adalah dengan memutar pelan-pelan puli water pump, jika terasa putaran puli water pump tidak lancar atau terasa tersendat saat di putar pelan dengan tangan, maka water pump sudah waktunya untuk di ganti.
Karena putaran puli water pump yang terasa tersendat saat di putar dengan tangan adalah penyebab timbulnya bunyi yang terdengar dari mesin.
Water Pump bocor.
Problem atau masalah lain pada water pump adalah terjadinya kebocoran air pendingin mesin atau air radiator dari water pump.
Kebocoran pada water pump ini bisa terlihat dari air menetes dari mesin mobil dan berada di sebelah kanan mesin .Dan tentu saja kebocoran air radiator lewat water pump ini akan menyebabkan air radiator berkurang dan perlu untuk ganti water pump dengan yang baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar