Oleh Mulyanto
Menindak lanjuti masalah tie rod, saya dongkrak kedua roda xg10. Cek roda depan kanan, hasilnya oke. Cek roda depan kiri, goyang roda bawah dan atas oke, goyang roda depan belakang… eh goyang. Dilihat long tie rod-nya sambil digoyang, memang tie rod-nya sudah oblak dikit.
Turunkan roda, kendorkan mur2 roda. Dongkrak lagi roda depan, lepaskan mur2 roda. Kemudian copot roda depan kiri.
Inilah tie rod yang oblak
Buka mur dengan kunci 17 dengan memutar searah jarum jam
Luruskan kawat penjepit mur dengan tang
Selanjutnya melepas mur pada bagian bawah tie-rod. Luruskan dulu kawat
pengganjal dengan tang. Setelah lurus, tarik kawat keluar.
Tarik keluar kawatnya
Selanjutnya copot murnya.
Copot mur dengan kunci 17
Melepas baut tie rod dengan menggunakan palu
Ketok keatas baut tie rod dengan palu
Penggunaan palu sebenarnya tidak ada di manual, seharusnya menggunakan
alat khusus. Kalau baut tie-rod sudah lepas, selanjutnya melepas tie rod
dari rack end.
Lepas tie rod dengan menggunakan dua kunci 17. Kencangkan mur sampai
mentok. Kunci pada mur selanjutnya sebagai penahan. Putar kunci 17 yang
pada tie-rod berlawanan arah jarum jam.
Kalau sudah ringam diputarnya, copot dengan tangan kosong.
Tarrrraaaa...tie rod pun terlepas.
Laporan kali ini hanya cara melepas tie rod. Cerita mencari dan memasang tie rod baru nanti sesudah gajian bulan depan :D hahahahaha.
Update 31 maret 2011 :
Tadi sudah beli tie rod merk IMC. Harganya 105 rb, isinya sepasang. Terus pasang sendiri. Cuman belum di spooring, yang diganti cuman yg kiri. Mau ganti yg kanan takut kena rack-end nya :D (gara-gara pake palu). Hikmahnya mendingan beli tie rod sendiri, terus bawa ke bengkel minta ganti tie-rod dan spooring :) .
Update 31 maret 2011 :
Tadi sudah beli tie rod merk IMC. Harganya 105 rb, isinya sepasang. Terus pasang sendiri. Cuman belum di spooring, yang diganti cuman yg kiri. Mau ganti yg kanan takut kena rack-end nya :D (gara-gara pake palu). Hikmahnya mendingan beli tie rod sendiri, terus bawa ke bengkel minta ganti tie-rod dan spooring :) .
Oleh Mulyanto
tipsnya ok juga,
BalasHapus"mendingan beli long tie rod sendiri, terus bawa ke bengkel minta ganti tie-rod dan spooring"