Kamis, 03 Mei 2012

Melepas Tie Rod

Oleh Mulyanto 

Menindak lanjuti masalah tie rod, saya dongkrak kedua roda xg10. Cek roda depan kanan, hasilnya oke. Cek roda depan kiri, goyang roda bawah dan atas oke, goyang roda depan belakang… eh goyang. Dilihat long tie rod-nya sambil digoyang, memang tie rod-nya sudah oblak dikit.

Turunkan roda, kendorkan mur2 roda. Dongkrak lagi roda depan, lepaskan mur2 roda. Kemudian copot roda depan kiri.

Inilah tie rod yang oblak

Buka mur dengan kunci 17 dengan memutar searah jarum jam



 Weleh susah banget melepas mur ini, semprot dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… masih belum bergerak sedikitpun. Semprot dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… mur-nya masih belum bergerak juga. Sempat menyesal, kenapa ngga dibawa ke bengkel saja :D . Semprot lagi dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… horee murnya mau berputar dikit. Semprot dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… murnya pun mau berputar lancar :) .

Luruskan kawat penjepit mur dengan tang

Selanjutnya melepas mur pada bagian bawah tie-rod. Luruskan dulu kawat pengganjal dengan tang. Setelah lurus, tarik kawat keluar.
 Tarik keluar kawatnya


Selanjutnya copot murnya.
 Copot mur dengan kunci 17

Melepas baut tie rod dengan menggunakan palu  
Ketok keatas baut tie rod dengan palu 

Penggunaan palu sebenarnya tidak ada di manual, seharusnya menggunakan alat khusus. Kalau baut tie-rod sudah lepas, selanjutnya melepas tie rod dari rack end.


 Lepas tie rod dengan menggunakan dua kunci 17. Kencangkan mur sampai mentok. Kunci pada mur selanjutnya sebagai penahan. Putar kunci 17 yang pada tie-rod berlawanan arah jarum jam.


 Kalau sudah ringam diputarnya, copot dengan tangan kosong.

 Tarrrraaaa...tie rod pun terlepas.


Laporan kali ini hanya cara melepas tie rod. Cerita mencari dan memasang tie rod baru nanti sesudah gajian bulan depan :D hahahahaha.

Update 31 maret 2011 :
Tadi sudah beli tie rod merk IMC. Harganya 105 rb, isinya sepasang. Terus pasang sendiri. Cuman belum di spooring, yang diganti cuman yg kiri. Mau ganti yg kanan takut kena rack-end nya :D (gara-gara pake palu). Hikmahnya mendingan beli tie rod sendiri, terus bawa ke bengkel minta ganti tie-rod dan spooring :) . 

Oleh Mulyanto 

1 komentar:

  1. tipsnya ok juga,
    "mendingan beli long tie rod sendiri, terus bawa ke bengkel minta ganti tie-rod dan spooring"

    BalasHapus

Pengunjung yang sedang online

Jual Selang Radiator Charade

Jual Selang Radiator Charade
Hubungi: 0812 9764 6601

Link Blog

Link Blog Otomotif

Jual SparePart Charade G10

Jual Alat-Alat Ngoprek / DIY