Jumat, 23 November 2012

Mesin Pincang Saat Pertama kali dihidupkan

Pertanyaan soal mesin pincang saat mobil pertama kali dihidupkan:



Pertanyaan dari Om Firman Vstoreindo:
"om-om G10,mau nanya nih,
kalau baru menghidupkan mesin, kok terasa seperti busi mati ya (pincang)
ada yang tahu problemnya...????"


Pertanyaan dari Om Gus Gnc:
"mau curhat, om ! Kali aja ada solusinya.... Si Ceret kalau baru hidup kok getar kayak pincang gitu terus mesin goyang , cek platina ok, busi ok ( kering merah bata semua) ,mounting juga ok, apa lagi yang perlu dicek, om.."

Jawaban:
Pada saat pertama kali mesin dihidupkan, temperatur masih dingin, belum mencapai suhu ideal.
Proses pembakaran belum maksimal, sehingga mesin terasa pincang.
Terlebih bila thermostat sudah dilepas. Akan butuh waktu untuk memanasi mesin terlebih dulu agar temperatur mencapai suhu ideal, yang dibutuhkan.
Solusinya tahan pedal gas pakai jempol kaki.
Pake jari kelingking kaki juga boleh. Heeee... heee... hee.....
Hingga panas temperatur mesin mencapai ideal.

Itu sama kayak kasusnya si Trinil, tapi sudah saya kasih vakum RPM-nya idle up AC yg saya modif pakai saklar manual.
Jadi nggak perlu lagi nahan pake jempol kaki.

10 komentar:

  1. Vacum RPM Tu gmn Gan? Trus Cara ngerubah idle up AC pakai saklar manual gmn caranya, tks

    BalasHapus
  2. G10 punya segudang masaalah yang tersembunyi, selain dikarenakan mobil sudah tua, banyak permasalahan kelistrikan yang terjadi selain masalah mesin, ini solusi dari saya Insya ALLAH ber guna:
    1.potong saja mas, saluran bensinnya agar lebih pendek hingga 20cm atau lebih , letakkan/ pindahkan saringan bensin lebih dekat serta cari saringan bensin lebih kecil, agar kekuatan hisap pompa lebih maximum, makin pendek makin kuat daya hisapnya,Alhamdulilah 1/2 jam macet tdk mogok.
    2. kalau belum jg ganti dinamo listrik dengan yang baru, kalau perlu cari dari mobil merk yang lain dengan dudukan sama tapi lebih baik harga 600.000
    3. ganti busi mobil dengan yang lebih baik di atas standart, minimum gunakan Boosh racing , selain bisa lebih tahan terhadap suhu panas, spark lebih besar
    4. ganti aki dengan amper yang lebih besar minimum 60 A , untuk mencegah aki ngedrop karena kabel2 sdh jelek
    5. buat kesesuaian antara bensin dan angin, >angin, letak ada dibelakang karburator , letakan baut pada posisi menengah, dan bensin di naikkan pada posisi dibawah platina
    perubahan kanan dan kiri menaikkan jumlah pemakaian bensin
    6. level oli mesin tidak boleh kurang dari 1/2 , penuh lebih baik, gunakan standart SE50, minimum primaxp
    7.kalau masih belum juga ganti semua kabel tua dengan yang baru.
    8. ingin lebih irit hingga 20km/liter , balut karburator dan selang besi bensin dengan lakban plastik tebal berapa lapis untuk menstabilkan panas mesin, ini merupakan penyederhanaan dari pemanas bahan bakar ,Insya ALLAH irit hingga 30% , tapi hati2 panas mesin naik hingga 25%, sebelum melakukan itu usahakan kipas radiator masih dalam kondisi baik, cara mengeceknya rasakan dengan kipas ac disebelahnya
    9. periksa juga bearing depan dan bawa cadangannya 2 pasang, karena fron drive menyebabkan bearing cepat rusak
    10. selamat mengebut jaga kecepatan di bawah 100km/jam, Insya ALLAH sampai tujuan dengan selamat

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum,,, akang teteh mau numpang nanya ni,, baru megang carade ni. Tapi mesin Overheat sampe air mendidih setelah mobil dipake sekitar 1,5 jam. Kira-kira apanya yah... mohon bantuannya. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,kemungkinannya ada banyak mas, dicek sj salah satunya :
      1. usia mobil yang tua ada kemungkinan Karat pada radiator, sesering mungkin mengganti airnya 1 - 2 bln sekali, gunakan air minum isi ulang yang kadar besi diairnya rendah, mencegah karat dan cepat panas.
      2. kalau sdh terlalu parah' di korok di tempat bersihin radiator, stsndarnya sih Rp.150rb.
      3. kemungkinan lain kipas sudah melemah, karena kipasnya sendiri sdh tua,/pasokan listrik tidak lancar karena dirille, maka sebaiknya dilangsungkan pada aki, maka aki harus ber amper besar agar tidak tekor 60 A

      Hapus
  4. Dari hasil pengalaman cere sy. Radiator mibta di bersihkan. Dan kalo masih tetap ada kebocoran di area silinder head. Packing sobek.keras.ataupun ada yg kropos .mohon maaf jika ada alh. Itu pengalaman mirip spt cered 81 sy.

    BalasHapus
  5. Bgm urutan pengapian daihatsu charade mas

    BalasHapus
  6. selang powerjet dapat ke mana ya?

    BalasHapus
  7. selang powerjet dapat ke mana ya?

    BalasHapus
  8. Mau nanya gan,,kondisi mesin hidup terus kontak dimatikan,,tp gk mau mati justru mesin masih nyala terus,,matinya harus nyabut kbel dari aki,,sekiranya kabel bagian apa yg nyambung ya ( konslet)

    BalasHapus
  9. Punten gan.kapasitas oli mesim daihatsu serer berapa liter ya

    BalasHapus

Pengunjung yang sedang online

Jual Selang Radiator Charade

Jual Selang Radiator Charade
Hubungi: 0812 9764 6601

Link Blog

Link Blog Otomotif

Jual SparePart Charade G10

Jual Alat-Alat Ngoprek / DIY